Our Articles

10 Tahun Mendatang …

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Monday, 09 January 2017.

Seandainya anda berpikir bahwa saya akan bertanya ‘anda mau dikenal sebagai siapa pada 10 tahun mendatang?’ di tulisan ini, maka anda salah. Pertanyaan itu bisa jadi belum pernah anda pikirkan, bisa jadi juga sudah terlalu sering anda renungkan.

 

Seandainya belum pernah anda pikirkan sama sekali sebelumnya, maka silakan berpikir dan imajinasikan sebaik mungkin. Pesan saya buat anda yang masuk kategori ini, buatlah goal-setting / tujuan yang masuk di akal. Jangan sampai membayangkan 10 tahun mendatang anda ingin menimang-nimang cucu sedangkan hari ini anda belum menikah (kecuali anda menikah dengan seseorang yang sudah punya anak). Jangan pula membuat goal-setting akan jalan-jalan ke negara paman Sam dan bertemu dengan Elvis Presley idola anda, karena jelas Elvis sudah meninggal (dijamin anda akan cepat depresi alias kecewa karena tidak akan pernah kesampaian).

Tips buat anda yang sedang ingin membuat goal-setting untuk 10 tahun mendatang:

 

  1. Apa pentingnya tujuan itu bagi anda?
  2. Apa yang terjadi jika tujuan itu tercapai?
  3. Apa yang akan terjadi bila tujuan tersebut tidak tercapai?
  4. Apa yang tidak akan terjadi bila tujuan tersebut tercapai?
  5. Apa yang tidak akan terjadi bila tujuan tersebut tidak tercapai?

 

Ini bukan aljabar, jadi jangan coba-coba anda anggap pertanyaan no. 2 = no. 5, pertanyaan no. 3 = no. 4. Jawablah 5 pertanyaan itu apa adanya, kalau perlu anda renungkan dulu bersamaan dengan penetapan tujuan di atas.

 

Seandainya anda sudah terlalu sering merenungkannya, maka saran saya – jangan hanya direnungkan. Pikirkan dan make it real! Jadikan ‘mind to muscle’, terjemahkan apa yang ada di pikiran anda menjadi gerak nyata. Usul saya : jangan biarkan diri anda sendiri yang ambil langkah menjauh dari keberhasilan anda sendiri. Atau saya balik kalimatnya : jangan biarkan keberhasilan meninggalkan anda karena anda tidak peduli, padahal dia sudah berada di sekitar anda.

 

Jika banyak paragraf di atas dimulai dengan kata ‘seandainya’ (yang juga sama dengan ‘jika’), seandainya anda perhatikan bahwa pertanyaan yang di atas adalah bukan pertanyaan sesungguhnya yang ingin saya tanyakan di tulisan ini, maka sekarang mari kita tidak lagi berandai-andai ria.  

 

Pertanyaan yang sebenarnya ingin saya tanyakan adalah :

‘ Pada 10 tahun mendatang, anda ingin mengenal anda di hari ini sebagai siapa?’

Atau dalam bahasa Inggris :

When you look back 10 years later, what will you want to see about you today?’

 

>> Suatu hari pada 10 tahun mendatang, ketika anda mengenang kembali masa-masa sekarang .. apa yang ingin anda kenang? Anda ingin melihat siapa diri anda saat ini? Silahkan berpikir dan memilih ….

 

 

About the Author

Mariani Ng

Mariani Ng

She is a Founder of PT. METAMIND Tata Cendekia and the first woman in ASIA who is certified and licensed trainer of  NLP – NS trainings to provide International Certification of Meta-NLP Practitioner, International Certification of Master Practitioner.

Click here for detail

Why METAMIND?  read