Our Articles

Apa itu Meta Coach?

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Tuesday, 12 July 2016.

Apa itu Meta Coach?

Meta Coach adalah profesi yang memfasilitasi klien untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui pengembangan motivasi internal. Biasa disebut sebagai Coach, dimana Meta Coach adalah khusus lulusan dari Neuro Semantics yang berfokus utama pada pengembangan cara berpikir (mindset) dan tata nilai (values) dari diri internal masing-masing.

Terdiri dari 2 kata:

  1. Meta = ciri khas dari Neuro Semantics yang artinya ‘di atas, tentang dan seputar’.
  2. Coach = sebuah profesi yang memfasilitasi seseorang untuk mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien.

Tujuan ini bisa bermacam-macam, mulai dari tujuan hidup pribadi (difasilitasi oleh life-coach), target usaha/perusahaan (business-coach), ingin menjadi pemimpin yang baik (leadership-coach), ingin meningkatkan komunikasi dalam perilaku organisasi (leadership-coach) atau ingin mampu memimpin diri sendiri (bisa life-coach maupun leadership-coach), hidup lebih sehat (health-coach), membantu pengembangan remaja (teens-coach), dan lain sejenisnya.

Kita sering berpikir bahwa untuk mencapai tujuan-tujuan di atas, kita cukup mengetahui cara (know-how)nya saja lalu pasti bisa mempraktekkannya dan mencapai tujuan. Pada kenyataannya, kita sudah sangat banyak tahu baik dari pengetahuan maupun pengalaman, tapi kita tidak melakukannya. Sekolah, baca buku dan ikut training, lalu setelah itu lupa mempraktekkannya. Adapula yang dilanjutkan dengan senantiasa memotivasi agar selalu semangat mencapai tujuan. Ketika tidak dimotivasi, semangat menurun kembali. Mentoring, dengan harapan orang yang bersangkutan melakukan tahap demi tahap mencapai tujuan yang diinginkan. Sayangnya ini kemudian membangun ketergantungan pada pihak eksternal. Dimana saat tidak ada lagi pihak eksternal yang motivasi dan mentoring, maka kegiatan tersendat karena kurangnya kemauan dari diri sendiri untuk mencapai tujuan tersebut.

Pada sesi coaching, Meta Coach fokus pada kerangka berpikir orang tersebut terkait dengan tujuan yang ingin dicapai. Tahap yang dilakukan dalam periode coaching sebagai berikut:

  1. Kejelasan atas tujuan yang ingin dicapai, agar lebih fokus dan terukur (WHAT).
  2. Kesiapan mental untuk mencapai tujuan tersebut, yang melibatkan keyakinan, kerangka berpikir dan tata nilai dari orang yang bersangkutan. Ini merupakan tahap penting menemukan faktor ‘pendorong’ utama untuk mencapai tujuan tersebut (WHY).
  3. Cara mencapai tujuan, yang diikuti dengan rencana pelaksanaan (HOW).
  4. Pendampingan sepanjang periode pelaksanaan.


Secara sadar, seseorang ingin mencapai tujuan tersebut. Namun ada keyakinan dan hal-hal mendasar lain yang tidak disadari yang menghambat proses pencapaian tersebut. Sepanjang periode coaching, seorang Meta Coach akan selalu memperhatikan ucapan, ekspresi dan tindakan yang dilakukan sebagai proyeksi dari cara berpikir dan hal-hal yang tidak disadari ini.

Ketrampilan untuk mengakses aspek-aspek internal inilah yang menjadi ciri khas dari Meta Coach. Untuk mengetahui dengan lengkap ketrampilan apa saja yang perlu dimiliki oleh seorang Meta Coach, silakan baca di 7 Ketrampilan Dasar Meta-Coach

Bila punya tujuan dan sering terhambat dalam mencapainya ..
Bila punya tujuan dan ingin mencapainya lebih cepat dan efisien ..
Bila ingin menjadi seorang certified Meta Coach ..
Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

About the Author

Mariani Ng

Mariani Ng

She is a Founder of PT. METAMIND Tata Cendekia and the first woman in ASIA who is certified and licensed trainer of  NLP – NS trainings to provide International Certification of Meta-NLP Practitioner, International Certification of Master Practitioner.

Click here for detail

Why METAMIND?  read