Our Articles

Apa itu NLP?

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Thursday, 31 March 2016.

Apa itu NLP?

Kita banyak mendengar tentang NLP akhir-akhir ini. Banyak pelatihan NLP yang ditawarkan. Sebelum kita mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, sebaiknya kita ketahui dulu apakah NLP itu sebenarnya.

 

NLP adalah singkatan dari kata Neuro Linguistic Programming.

 

- Neuro = Saraf, sistem saraf otak dan saraf seluruh tubuh kita.

- Linguistic = Bahasa, baik verbal maupun non verbal

- Programming = memprogram

 

Yakni ilmu yang mempelajari struktur perilaku manusia, mempelajari bagaimana bahasa mampu mempengaruhi paradigma, cara berpikir dan perilaku kita sehari-hari.

 

 

Contoh : Kata SUSAH.

 

Secara umum, kata ini memberi pengertian sebagai sesuatu yang tidak mudah untuk diselesaikan. Tubuh akan memberikan penolakan untuk menyelesaikan apapun yang dimaksud dengan "susah" ini.

 

"Tugas ini memang susah untuk dilaksanakan."

 

Gantikan kata "susah" dengan kata "tantangan".

 

Menjadi:

 

"Tugas ini memang menjadi tantangan untuk dilaksanakan."

 

Bagaimana bedanya?

 

NEURO-SEMANTICS ( NS ) merupakan derivatif baru dari NLP yang mempelajari lebih mendalam tentang pola berpikir manusia - mempelajari tentang bagaimana cara berbahasa dan proses berpikir seseorang mampu mempengaruhi keputusan yang diberikan atas suatu kejadian. NS membawa NLP pada tingkat yang lebih tinggi, dimana tidak setiap kata memberi pengaruh yang sama bagi setiap orang. Di sini, yang memberikan pengaruh adalah arti atau makna yang kita berikan atas kata tersebut.

Contoh : Kata SUSAH.

Bagi si A, kata "susah" ini berarti sesuatu yang tidak mudah untuk diselesaikan.

Akibatnya ketika mendengar kata tersebut, secara otomatis akan terjadi penolakan atau keengganan untuk menyelesaikannya.

Lain lagi bagi si B.

Kata "susah" justru memberi arti yang sangat menantang untuk diselesaikan, karena B tidak mau kalah terhadap apapun yang berkonotasi susah.

Akibatnya, kata ini justru membangkitkan semangat untuk "menaklukkan" apapun yang "susah" dilaksanakan.

Jadi, kata "SUSAH" memberi semantik yang berbeda bagi A dan B.

 

Bagaimana dengan anda?

Dengan mengetahui struktur perilaku dan proses berpikir ini, tentunya akan mudah pula bagi kita untuk "memodifikasi" cara berpikir dan berperilaku menuju hasil yang lebih optimal.

Sebenarnya kita telah banyak mengaplikasikan NLP/NS dalam kehidupan kita sehari-hari, namun sayangnya hal ini kurang kita sadari sehingga justru banyak membuat diri kita berada dalam keadaan yang kurang produktif, terkukung oleh hambatan pikiran dan emosi diri sendiri.

 

Pernahkah anda berusaha tidak marah tapi tetap marah juga?

Pernahkah anda merasa banyak memiliki konsep dan rencana tapi tidak pernah bisa mengimplementasikannya?

Pernahkah merasa kehilangan fokus padahal sangat bermotivasi?

Pada Neuro-Semantics kita mengenal bahwa sebenarnya banyak terjadi lapisan pada proses berpikir manusia ( layers of mind ), dimana setiap lapisan memberi makna yang berbeda dan saling berinteraksi sehingga menghasilkan respon tertentu.

Hal ini secara nyata terjadi dan mempengaruhi produktifitas kita baik di tempat kerja maupun rumah tangga.

  

 

NLP/NS Pada Aplikasi Personal

Dalam proses tumbuh kembang seorang personal, banyak hal yang terjadi dan mempengaruhi proses kognisinya, baik positif maupun negatif.

Hal-hal negatif yang tertanam akan menghambat kita menuju kemajuan. Sering ini terjadi tanpa disadari, kadang ada yang menyadari namun tidak berdaya menanganinya.

Contoh :

- Kurang percaya diri

- Tidak bermotivasi

- Tidak berani tampil / bicara di depan umum

- Peragu

Syukurlah bila kita mengetahui "kelemahan" di atas sehingga tahu menanganinya. Tidak jarang pula kita dibatasi oleh hambatan mental yang "tak terlihat".

 

Contoh :

- Bersemangat tapi tidak tahu apa yang dikerjakan - tidak fokus.

- Banyak konsep tapi tidak diimplementasikan

- "Nyaman" berada dalam masalah yang tidak berkesudahan.

Keadaan ini membuat seseorang lebih cenderung menyalahkan keadaan, pasrah dan menyerah pada "nasib".

 

Apakah sedemikian saja kemampuan seorang personal?

Apa yang akan anda lihat 10 tahun mendatang atas apa yang terjadi pada anda saat ini?

 

Setiap individu dibekali oleh potensi dan kemampuan yang tinggi. Keadaan-keadaan yang kurang produktif bisa terjadi karena kita belum mengenali diri sendiri dan melakukan koreksi atas kekurangan tadi. Akibatnya potensi belum bisa tereksplorasi sepenuhnya.

Dengan mengaplikasikan NLP/NS, seorang personal akan lebih mengenal dirinya sendiri, mengenali dan memahami hambatan yang menghalangi keberhasilannya. Pemahaman ini sekaligus membekali diri dengan kemampuan untuk menangani hambatan-hambatan tersebut dan mengembangkan potensi sebesar-besarnya.

Seorang personal akan memiliki dan menghayati hidup ini lebih indah dan bahagia, produktif dan penuh motivasi.

 

 

NLP/NS Pada Aplikasi Organisasi/Perusahaan

Pasar global era ini menuntut personal yang memiliki kemampuan tinggi, integrasi atas IQ, EQ dan SQ. Sejauh mana suatu organisasi/perusahaan mampu bertahan sangat bergantung pada tingkat fleksibilitas para personalnya menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif.

Kunci utama bukanlah terletak pada interaksi interpersonal, melainkan justru intrapersonalnya. Berbagai pelatihan teknis dan sistem canggih yang diterapkan akanlah sia-sia bila tidak diiringi oleh kemampuan para pelaku secara intelektual dan kematangan emosional dalam menanganinya.

Apalagi orientasi pasar yang telah bergeser pada kepuasan konsumen. Selain memiliki product knowledge dan communication skills yang tinggi, seorang penjual juga dituntut untuk memiliki kemampuan secara emosional yang baik, fleksibel dan kreatif.

Pemahaman atas hal-hal ini meningkatkan kesadaran para pimpinan organisasi/perusahaan untuk tidak hanya berfokus pada peningkatan secara kuantitas belaka - namun juga kualitas para personalnya - bring the best of people.

Seorang pimpinan perlu untuk lebih mengenali dan mengetahui setiap personalnya dengan baik. Aplikasi NLP/NS akan sangat membantu, mulai dari perekrutan personal hingga pengembangan dan pemberdayaannya secara optimal.

About the Author

Mariani Ng

Mariani Ng

She is a Founder of PT. METAMIND Tata Cendekia and the first woman in ASIA who is certified and licensed trainer of  NLP – NS trainings to provide International Certification of Meta-NLP Practitioner, International Certification of Master Practitioner.

Click here for detail

Why METAMIND?  read