Ijinkan Mereka Berpikir

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Monday, 14 March 2022.

Atas nama hemat waktu, kita sering memotong pembicaraan orang. Atas nama sudah tahu, kita langsung berikan jawaban walau belum tentu ditanya, itupun saat dia ambil nafas sejenak untuk melanjutkan ucapannya.

Kapan terakhir kali kita ijinkan seseorang untuk berpikir? Coba telusuri kembali apa yang telah pernah kita lakukan. Mengarahkan pembicaraan agar orang tersebut lakukan sesuai yang kita mau, merasa paling tahu dan buru-buru sampaikan agar tidak lupa, atau memberi pertanyaan yang mau tidak mau hanya satu pilihannya.

FAKTA 101 – Bahkan Faktapun Perlu Penjelasan

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Friday, 04 February 2022.

(Tulisan ini ditulis sebagai review dan ulasan atas artikel Michael Hall di mailist Neurons, tanggal 8 November 2021 berjudul 'Even Facts Need Explaining', atau bisa dibaca di https://meta-mind.com/article/item/even-facts-need-explaining.html )

Kemarin (tgl. 3 Feb. 2022), beberapa whatsapp group di Jakarta ramai oleh hasil test PCR yang sudah ada hasilnya sebelum orang yang bersangkutan di-swab. Human error.  Secara nyata, ada kertas berkop surat resmi nama laboratorium tsb, yang menuliskan nama tertentu dengan hasil positif. Sungguh suatu fakta yang tidak factual dan perlu dipertanyakan. Saya bayangkan kalau terjadi pula pada orang lain yang sudah swab tapi hasil yang ditampilkan berbeda atas nama ‘human error’.

Tulisan Michael Hall yang #3 ini cocok banget dengan keadaan sekarang. Kita perlu jeli menanggapi fakta. Aduhai, padahal sudah fakta loh, masak perlu ditanyakan lagi? Bukti ada. Apalagi yang diragukan bukan? Baca deh tulisan beliau. Saya jelaskan lagi dengan contoh berbeda yang juga sedang ramai saat ini.

Tentang covid Omicron yang sedang naik tinggi di Jakarta saat ini.

-    Seseorang yang kelihatan sehat segar bugar, belum tentu sedang tidak terkena covid Omicron di saat yang sama.
-   Teman saya gatal tenggorokan, batuk dan pilek seharian. Buru-buru swab PCR curiga kena si ‘Omricon’ itu, tapi ternyata negatif. Akhirnya konsultasi ke dokter, hasil diagnosanya adalah hanya flu biasa dan ada radang sinusitis.
-    Hasil tes antigen negatif, apakah pasti berarti tidak kena covid?

“When you take any statement, ask, “Is it a fact or not?” The answer will always be, “It depends.” As noted in Neurons #71, it depends on context, criteria, theory, level,  and kind" – demikian tulis Michael di artikel tersebut.

Apakah benar kalau hasil tes antigen negatif berarti tidak berkena covid? Tergantung.

FAKTA 101 – Berpikir Kritis Tentang Fakta

Written by Mariani Ng Posted in Mariani Ng on Friday, 04 February 2022.

(Tulisan ini ditulis sebagai review dan diskusi atas artikel Michael Hall di mailist Neurons, tanggal 25 Oktober 2021 berjudul 'Critical Thinking About Facts', atau bisa dibaca di https://meta-mind.com/article/item/critical-thinking-about-facts.html ).

Pagi ini ada badai salju di tempat saya berada beberapa bulan ini, Burlington - Ontario Kanada. Saya baru saja bangun, dan saat berjalan ke kamar mandi, mata melayang ke arah jendela di depan sana melihat hujan salju dengan salju tebal menutupi mobil dan jalanan di luar. Wow..!! Serta merta saya melangkah balik ke kamar, buka lemari mengambil sweater dan langsung memakainya, baru kembali ke kamar mandi. Refleks. 1 jam kemudian, saya mulai merasa gerah dan tersadar, saya tadi langsung samber sweater begitu melihat salju tebal, padahal suhu di dalam ruangan 22⁰C. Jadi pakai sweater ini adalah respon atas fakta yang mana?

Dalam tulisannya yang satu ini, Michael menjelaskan terperinci beberapa tingkat/level pemikiran kita tentang 'fakta' yang kita katakan sebagai fakta selama ini, dengan contoh apa yang saya alami pagi tadi.

Kita selalu mengganggap fakta itu solid, serius ada dan nyata, padahal belum tentu senyata apa yang kita pikirkan. Beliau menjelaskan bahwa ada langkah-langkah yang terjadi dalam pemikiran kita menanggapi sebuah ‘fakta’, yang saya jabarkan kembali dengan contoh di atas sebagai berikut:

Why METAMIND?  read